UKM Pramuka UIM Gelar Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar

Berita Info Kegiatan

PAMEKASAN, uim.ac.id – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Racana Ronggosukowati dan Racana Potre Koneng Universitas Islam Madura (UIM) bersama-sama menggelar kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang acara pembukaannya dilaksanakan di Aula KH. Sirojuddin UIM, Minggu (18/12/2022).

Kegiatan yang digelar selama satu minggu dimulai tanggal 18 Desember 2022 hingga 25 Desember 2022 yang dikemas dengan kegiatan kemah di lapangan kampus Universitas Islam Madura ini dihadiri oleh Panitia Rumah Tangga KMD, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pamekasan, Sekretaris Kwarcab, Pembina Pramuka UIM, dan seluruh organisasi mahasiswa (Ormawa) UIM.

Maghfirotur Rohmah selaku ketua panitia menuturkan, kegiatan ini tidak hanya bagi anggota pramuka saja, namun non pramuka bisa mengikuti KMD ini. Menurutnya, kegiatan ini perlu untuk digelar guna mencetak pengurus atau anggota pramuka UIM menjadi pembina yang profesional.

“Ini adalah pertama kali kami mengadakan KMD mandiri karna menurut kami tamu Racana UIM itu lumayan banyak, dan juga pada umumnya banyak alumni Pramuka UIM yang jadi pembina. Syarat untuk jadi pembina wajib KMD dan tak lupa pula untuk menambah kualitas Racana kami,” Ucap wanita yang karib disapa Iroh itu, Minggu (18/12/2022).

Iroh berharap, program KMD tidak hanya berhenti selama tujuh hari ke depan, namun peserta KMD wajib menyelesaikan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML), Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KPL) dan juga wajib mengikuti Narakarya dan Naratama selama enam bulan ke depan.

“Jika peserta sudah ikut Narakarya dan Naratama, maka mereka berhak untuk mendapatkan Surat Hak Bina (SHB) dan Surat Hak Latih (SHL),” tegasnya. (ila)

Tulis komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.