PAMEKASAN, uim.ac.id – Kegiatan pencegahan terhadap Covid-19 terus diseirusi oleh kampus UIM Pamekasan melalui Program Studi Farmasi, kali ini diwujudkan dalam kegiatan Pengabdian Kepada masyaraat berupa pembagian Hand Sanitizer, masker dan Muti Vitamin sejak Sabtu kemarin. (4-7/4).

Bersama Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Pamekasan (IAI PC Pamekasan) tim membagi-bagikan ratusan Hand Sanitizer berukuran 500 ml, 60 ml, dan 30 ml, Masker, dan Vitamin kepada masyarakat Pamekasan. Target Pembagian ini adalah Pondok pesantren, Panti asuhan, masjid, tukang ojek, dan abang becak.

“Keberadaan masker, hand sanitizer, dan vitamin C yang mulai langka di pasaran membuat IAI PC Pamekasan dan Prodi D3 Farmasi UIM mempunyai ide untuk memproduksi Hand sanitizer, masker kain, dan mengumpulkan vitamin C untuk dibagikan ke masyarakat pamekasan untuk pencegahan penularan Covid19”. Kata Ach. Faruk Alrosyidi, M.S. Farm ketua Program studi D III Farmasi UIM Pamekasan.

Ditambahkan, Produksi Hand Sanitizer dilakukan di Laboratorium Teknologi Farmasi UIM oleh dosen dan mahasiswa farmasi. Sementara untuk Pembuatan masker oleh salah satu apoteker anggota IAI PC Pamekasan.

Menurutnya sejumlah tempat yang telah ddtangai dan diberi bantuan Hand Sanitier, Masker dan vitamin tersebut adalah Masjid-masjid di Pamekasan, Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet, Pondok Pesantren Darul Hikmah Kayu Manis, Pondok Pesantren Annidhomiyah, Pondok Pesantren Nurus Sholah, dan Pondok Pesantren Darul Lughah

“Selain itu kami sudah menyambangi para supir angkutan umum, tukang parker, tukang ojek, abang becak, serta Panti asuhan untuk diberi bantuan tersebut”. tambahnya.

Pembagian ini menurutnya dilakukan sebagai bentuk kampanye hidup bersih dan sehat agar Masyarakat terhindar dari covid-19. “semoga dengan kegiatan ini berdampak baik terhadap pola hidup masyarakat agar nantinya diselamatkan dari Corona”. Pungkasnya. (ham/die)