PAMEKASAN, uim.ac.id – Kelompok Tani (Poktan) Palem binaan Dosen UIM yang berlokasi di Desa Sumedangan Kecamatan Pademawu Pamekasan Jum’at pagi melakukan panen raya. (26/7)

Panen raya itu berkenaan dengan program kemitraan masyarakat, yakni program pemberdayaan masyarakat dengan cara integrasi padi itik. Program yang menanam padi sekaligus ternak itik di satu lahan dengan waktu bersamaan.

Asmodjar ketua kelompok tani bersyukur karena bisa melakukan panen sebagai hasil binaan dosen UIM yang sebelumnya telah diberi pelatihan-pelatihan dan pendampingan shingga panen kali ini jauh lebih meningkat dari panen-panen sebelumnya.

“Alhamdulillah, panennya luar biasa bisa dua kali lipat dan dapat hasil ternak itik juga” Katanya.

Sementara itu, Iswahyudi ketua tim dosen merasa senang program kemitraan masyarakat berjalan sukses dan bisa diterima oleh kelompok tani. “Program seperti ini akan dilanjutkan oleh kelompok tani” imbuhnya.

Program kemitraan masyatakat ini merupakan program hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (gus/mad)