PAMEKASAN, uim.ac.id – Guna mendongkrak semangat para dosen dalam menghasilkan Hak Kekayaan Intelektua (HKI), sentra HKI UIM Pamekasan menggelar worshop HKI. Kegiatan itu digelar selaka dua hari di ruang pertemuan Al-Fatah (19-20/8).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tiga orang nara sumber yang berkompeten di bidang HKI, yaitu Dr. Ir. Purwadi, M.S, ketua sentra HKI Universitas Brawijaya Malang, kemudian Dr. Dimas Indra Laksmana, ST., MT Ketua Sentra HKI ITN Malang, dan yang ketiga adalah Dr. Djualeka, SH, M.Hum, ketua sentra HKI Universitas Trunojoyo Madura.

Menurut ketua sentra HKI UIM Shafa Dwi Jayanati, M.Pd, kegiatan tersebut diikuti oleh 80 orang dosen, masing-masing delegasi dari dosen UIM, serta delegasi dari beberapa perguruan tinggi luar madura. “Peserta sebanyak 80 orang, dari UIM serta ada dari kampus luar”. Katanya.

Sementara itu Rektor UIM Ahmad, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan workshop HKI tersebut harus menjadi media bagi para dosen untuk belajar HKI dan metode pendaftarannya, agar nantinya bisa semakin banyak HKI yang didaftarkan.

“semoga ke depan semakin banyak HKI yang didaftarkan baik dari hasil penelitian, maupun dari hasil pengabdian masyarakat. Bisa bersifat hak cipta, Paten, maupun Paten sederhana”. Tegasnya.

Pihaknya juga berpesan kepada para dosen agar semakin giat dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, sehingga nantinya hasil dari kegiatan tersebut bisa dodaftarkan menjadi Hak Kekayaan Inteletual (HKI). Dengan harapan bisa mendongkrak mutu UIM di kancah nasional. (ham/die)