PAMEKASAN, uim.ac.id – Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan juga tidak mau melewatkan Momentum hari kemerdekaan 17 Agustus 2019, terbukti segenap civitas akademika UIM Sabtu pagi melakukan upacara di halaman utama akampus hijau UIM Pamekasan.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIM Pamekaan tersebut, diikuti oleh para dosen, karyawan dan mahasiswa dari berbagai Program Studi di lingkungan UIM Pamekasan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Rektor UIM Ahmad, M.Pd

Dalam amanatnya, Rektor menegaskan bahwa kemerdekaan yang hari ini dirsakan oleh seluruh rakyat Indonesia merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan yang dengan rela mengorbankan jiwa dan raga demi terbebasnya bangsa dari penjajahan.

“oleh sebaaba itu, sudah seharusnya kita sebagai bangsa yang hidup di alam kemerdekaan untuk selalu bersyukur dan mengisi kemerdekaan tersebut dengan berbagai hal yang positif”. Katanya.

Rektor juga mengajak para civitas akademika UIM untuk senantiasa menjiwai semangat juang para pahlawan kemerdekaan, dengan mengambil spirit tersebut sebagai penyemangat dalam menjalankan kewajiban dan tanggungjawab sebagai masyarakat akademik.

“yang harus kita ingat juga adalah bahwa bangsa ini berdiri di atas tetesan darah para syuhada, banyak sekali kiyai-kiyai kita gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan, seperti yang dilakukan oleh para kiyai-kiyai Nahdlatul Ulama (NU). Maka dari itu, mari kita belajar dari semangat beliau untuk diterapkan dalam keseharian kita”. Pungkasnya. (ham/die)