3312_20120_test toefl

Ilustrasi: Sebelum Lulus, Mahasiswa UIM Wajib memiliki Piaga Toefl

Salah satu pra syarat kelulusan mahasiswa Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan adalah harus memiliki piagam Toefl. hal itu sebagai bukti kompetensi mahasiswa dibidang penguasaan bahasa asing agar siap terjun ke dunia kerja.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan, Jum’at siang (10/3). menurutnya, piagam Toefl adalah syarat muthlak yang harus dimiliki mahasiswa menjelang lulus dan resmi menjadi sarjana.

“Semua mahasiswa sebelum ujian akhir wajib memiliki piagam Toefl” Ujar Rektor saat dikonfirmasi media ini.

Ditambahkan,  piagam Toefl harus dimiliki sesuai dengan standart yang dimliki UIM. menurutnya, mahasiswa harus memiliki kecakapan di bidang bahasa, karena bahasa adalah alat komunikasi yang paling vital, apalgi di era yang serba canggih saat ini.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada seluruh fakultas yang ada di lingkungan UIM agar mensosialisasikan kewajiban tersebut kepada seluruh mahasiswa. diakuinya, selama ini piagam Toefl belum berlakukan secara merata di lingkungan UIM, namun menurutnya,  mulai tahun akademik 2017 ini, seluruh mahasiswa sudah wajib mengantingi piagam Toefl.

“Nanti nilai Toefl akan menjadi salah satu catatan dalam Suarat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)” Pungkasnya. [*]