SURABAYA – Dekan Fakultas Teknik Institut Teknologi Sepeuluh Nopember (ITS) Surabaya Prof. Agus Zainal Arifin menegaskan bahwa setiap Perguraun Tinggi diharuskan untuk memiliki kelompok Dosen Peneliti, hal itu dimaksudkan agar setiap penelitian dosen bisa fokus dan terarah.

Penegasan itu disampaikan Agus dalam diskusi akademik di ruang faktas teknik ITS bersama Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan. (17/8/2017). selain UIM, acara itu juga dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Wahab Hasbullah Jombang.

“Kita Perlu memiliki pohon penelitian, selajutnya menjadi cabang penelitian yang dilanjutkan ke ranting penelitian di tingkat mahasiswa” Ujarnya.

Tujuannya, kata pengurus Lembaga Pendidikan Tingg Nahdlatul Ulama (LPTNU) Jawa Timur ini adalah agar jumlah publikasi terus meningkat. sehingga, kata Agus hal itu bisa mengdongkrak kemajuan setiap Perguruan Tinggi.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa PT harus memiliki Laboratorium Based Education sebagai media aktualisasi para dosen dalam melakukan penelitian. “Jadi Tri Dharma Perguruan Tinggi juga bisa dilakukan di Laboratorium, di luar praktik atau eksperimin Mata Kuliah” tambhanya.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) UIM Pamekasan Muhsi, MT mengatakan kegiatan diskusi akdemik tersebut merupakan hasil kerjasama antara ITS Surabaya dengan UIM Pamekasan serta Universitas Wahab Hasbullah Jombang. diharapkan, nantinya di UIM akan dibentuk kelompok dosen peneliti sbagai tindak lanjt dari diskusi akademik tersebut.

“Kelompok Dosen peneliti ini akan diperkuat dengan SPMI yang sedang digarap” uajrnya disela-sela acara tersebut.

Selain ketua LPMI UIM, hadir juga dalam cara itu Miftahul Walid Ketua Prodi Teknik Informatika, Sekretaris Prodi Pendidikan Fisika Agus Budiono. ketiganya hadir sebagai perwakilan dari UIM Pamekasan. (*)


Reporter     : Agus

Editor        : Ahmad