BATUMARMAR – Banyaknya masalah kelistrikan yang dialami masyarakat Pamekasan akhir-akhir ini, membuat Universitas Islam Madura (UIM) terpanggil untuk ambil bagian dalam proses penyelesaiannya,  itu dibuktikan dengan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh UIM melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dengan bekerja sama PLN Area Pamekasan, baru-baru ini.

Kegiatan Pengabdian itu dikemas dalam Sosialisasi Ketenagalistrikan untuk masyarakat pantura, khususnya di kecamatan Batumarmar. kegiatan itu diiukti oleh sejumlah aparat desa dan tokoh masyarakat se kecamatan batumarmar.

Rektor UIM Ahmad, M.Pd mengurai sejumlah keluhan masyarakat terkait kelistrikan dan layanannya. diantaranya kata Rektor adalah membengkaknya jumlah tagihan terutama pasca diterapkannya sistem pra bayar. sehingga hal itu menjadi keluhan di tengah-tengah masyarakat.

“banyak warga yang mengeluh, kenapa tagihan listrik terus naik. kemudian sering padam. nah, pertanyaan-pertanyaan seperti ini kami inventarisisr yang kemudian kita carikan informasi sekaligus jalan keluarnya” ungkapnya di hadapan sejumlah warga pantura.

Untuk itu, pihaknya menggelar acara tersebut sebagai media pemberi iformasi kepada masyarakat luas tentang bagaimana perkembangan ketenagalistrikan saat ini. agar masyarakat bisa paham terkait terjadinya perubahan di PLN tersebut.

Rektor UIM juga meminta kepada pihak PLN untuk melakukan sosialisasi secara intensif kepada warga terkait aturan main dan perubahan-perubahan yang terjadi. hal itu dimaksudkan agar masyarakat tidak kecewa terhadap layanan PLN.

“kalau PLN butuh SDM untuk kegiatan soialisasi, pendampingan dan lain-lain, UIM sipan memfasilitasi. karena kami punya banyak Fakultas yang bisa mengcover kebutuhan-kebutuhan di masyarakat” Ungkapnya.

Sementara itu, asisten manejer operasional PLN Area Pamekasan Handono mengaku senang dengan digelarnya kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. pihaknya merasa terbantu untuk melakukan sosialisasi secara langsung terhadap masyarakat. dengan demikian, kata handono masyarakat bisa mendapat pencerahan seputar masalah kelistrikan di PLN.

“saya mengcapkan banyak terimakasih kepada UIM yang telah menggagas kegiatan ini. tentu saya mewakili teman-teman PLN sangat senang atas terlaksnanaya acara ini. ke depan saya berharap UIM terus menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan kami. dan kami juga sap menjalin kerjasama dengan UIM”. Ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tentang sosialisasi ketenagalistrikan itu merupakan rngkaian acara Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIM tahun 2017. tahun ini KKN dipusatkan di Kecamatan Batumarmar dan satu desa di kecamatan larangan. (*)


Reporter     : Soheh

Editor         : Ahmad