Fakultas Ekonomi UIM Gelar Kuliah Tamu Kepabeanan dan Cukai

Berita Kegiatan Lainnya

PAMEKASAN, uim.ac.id – Fakultas Ekonomi Universitas Islam Madura (UIM) bersama Bea Cukai Kabupaten Pamekasan menggelar kegiatan Kuliah Tamu bertempat di Aula KH. Sirojuddin UIM, Selasa (9/1/2024).

Hadir dalam kegiatan Kuliah Tamu tersebut, Dekan Fakultas Ekonomi, Kaprodi, dosen, serta seluruh mahasiswa fakultas ekonomi semua angkatan. Kuliah Tamu yang digelar Fakultas Ekonomi tersebut membahas tentang punguatan di bidang Pabean dan Cukai.

Sunawan, narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut menjelaskan secara detil objek impor yang merupakan semua barang masuk dalam daerah pabean untuk dipakai, dimiliki, dan dikuasai oleh masyarakat berdomisili di Indonesia

Sementara, subjek impor, yakni pengangkut, pengelola TPS, importir, PPJK atau kuasa importir, pengelola TPB, dan setiap orang.

Penerimaan dalam rangka impor meliputi bea masuk (BM), cukai atas barang kena cukai (BKC) impor, denda administrasi BM, dan bunga jika pembayaran tidak tepat waktu. Selain itu, pihaknya menjelaskan terkait rokok ilegal yang harus diberantas.

Dekan Fakultas Ekonomi, Ach. Baihaki, SE., M.Sc menuturkan, Kuliah Tamu ini penting untuk diikuti oleh mahasiswa guna menambah wawasan keilmuan.

Baihaki menambahkan, kepabeanan berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pengawasan lalu lintas barang yang masuk atau keluar daerah pabean serta pemungutan bea masuk dan bea keluar.

“Seringkali saya melihat mobil-mobil yang parkir di depan kantor bea cukai Pamekasan itu platnya Sumenep, nah ini ada kaitannya dengan kepabeanan,”

Pihaknya berharap mahasiswa dapat menyerap ilmu yang diberikan sehingga bisa menambah wawasan serta pengalaman mahasiswa. (Ila) 

Tulis komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.