PAMEKASAN, uim.ac.id – Pelaksanaan belajar mengajar atau perkuliahan di lingkungan Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan sejak pagi ini Senin 23 Maret 2020 menggunakan sistem Dalam Jaringan (Daring) hal itu guna mengantisipasi penyebaran visrus Corona menuyusul adanya peringatan kedaruratan dari Pemerintah. (23/3).

Kebijakan pelaksanaan sistem daring tersebut tertuang dalam surat isntruksi Rektor nomor 0168/A.4/UIM/III/2020. Dalam surat tersebut Rektor UIM Ahmad, M.Pd mengintruksikan agar seluruh pelaksanaan perkuliahan yang meiluti tatap muka, tugas terstruktur dan tugas mandiri dilakukan secara onine.

“perkuliahan dilaksanakan secara online dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan seperti google classroom, E-Learning, atau media lainnya”. Tegas Rektor sebagaimana dalam isi surat instruksi tersebut.

Sementara untuk kegiatan akademik lainnya menurut Rektor tetap menggunakan sustem Luar Jaringan (Luring), Rektor mencontoan kegiatan ujian Skripsi, seminar Proposal dan kegiatan ain yang tidak melibatkan banyak mahaiswa tetap wajib dilaksanakan secara Luring.

“tetapi para dosen penguji dan mahasiswa yang diuji tetap harus memenuhi standart kewaspadaan atau sesuai dengan protokoler kesehatan agar tetap terhindar dari penyebaran Covud-19”. Tambahnya.

Selain upaya  tersebut, Rektor tetap mewanti-wanti kepada seluruh civitas akademika UIM untuk terus berdoa memohon keselamatan kepada Allah Swt, menurutnya para dosen dan karyawan hendaknya mengawali seluruh kegiatan dengan membaca sholawat, dzikir dan amalan-maan lain yang menjadi bagian dari ikhtiyar secara bathiniyah.

“sikap dan kebijakan UIM berkenaan dengan peningkatan kewaspadaan, kesiapsiagaan dan antisipasi pencegahan dan penanganan penyebaran infeksi Covid-19 selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi baik tingkat local, nasional maupun global atau internasional”. Pungkasnya. (ham/die)