LP2M UIM Gelar Pelatihan Manajemen OJS dan Akreditasi Jurnal

BeritaKegiatan

PAMEKASAN, uim.ac.id – Guna Memaksimalkan penggunaan aplikasi Open Joernal System (OJS) di lingkungan Universtas Islam Madura (UIM), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Madura menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Managemen OJS dan Akreditasi Jurnal untuk Jurnal-jurnal yang dikelola oleh masing- masing Fakultas dan LPPM Universitas Islam Madura. (3/8)

Ketua LP2M UIM Iswahyudi mengatakan, Mulai tahun 2016 salah satu syarat untuk menjadi jurnal yang berstatus terakreditasi adalah menggunakan aplikasi OJS. Maka menurutnya perlu digelar pelatihan untuk meningkatkan kapasitas para pengelola jurnal sehingga nantinya jurnal-jurnal yang ada di UIM bisa menyesuaikan dengan tuntutan tersebut.

“Mulai dari Kegiatan manajemen naskah artikel yang akan dimuat di jurnal mulai dari penerimaan, penyuntingan oleh mitra bebestari atau penyunting pelaksana, proses layout, sampai artikel yang siap diterbitkan semua proses harus menggunakan sistem online”. Katanya.

Pantauan reporter uim.ac.id, sedikitnya ada 22 peserta yang mengikuti acara tersebut, masing-masing merupakan perwakilan pengelola  dari Jurnal Keislaman  (Al-ULUM), Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Wacana Didaktika), Jurnal Aplikasi Teknik (JATIM), Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ke Islaman (Ahsana Media), Jurnal Kesehatan (Sakti Bidadari), Jurnal Ilmiah Farmasi (JIVA) , Jurnal Ekonomi dan Accounting (Equiliberium), Jurnal Pertanian (Agrosains), Jurnal Pendidan Matematika (Zeta-Matc), Jurnal Hukum (Voice Justicia).

Acara pelatiham dibuka langsung oleh Rektor Universitas Islam Madura Ahmad, M.Pd. sementara narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil selaku Assoc. Editor In Chief  IAIN Madura Menyampaikan materi Akreditasi Jurnal, Supriyanto, M.SI Editor Wacana Didaktika menyampaikan materi Setting web OJS UIM), dan Faisol M.Si Editor Zeta Math menyampaikan materi Manajemen Penerbitan Naskah di OJS. (ham/die)