UIM Pamekasan – Serangkaian proses akademik mahasiswa tingkat akhir prodi D3 Kebidanan UIM Pamekasan satu persatu diselesaikan.

Senin (31/07/2017) melakukan proses Unggah file LTA ke sistem Digital Library di ruang Lab. Komputer Upt. Puskom. Demikian pernyataan Masdukil Makruf sebagai penanggung jawab Lab Komputer Universitas Islam Madura yang dikenal sebutan Kampus Hijau.

Lebih lanjut kata Dukil biasa dipanggil bahwa kegiatan aploud file LTA kebidanan UIM sudah berjalan di tahun kedua untuk prodi D3 Kebidanan dan tahun ketiga bagi Fak. Teknik. Untuk prodi lainnya dianggap belum melek ke sistem digital online sehingga masih menggunakan cara kuno (manual) dan saat ini semua 16 prodi yang ada di UIM akan melangkah hal yang sama hanya nunggu waktu. Kata lulusan ITS Surabaya ini.

Dihubungi terpisah di ruang kerjanya Ibu Laila Kaprodi D3 Kebidanan UIM Pamekasan menyatakan bahwa Proses ini dilakukan untuk memudahkan pembaca yang hendak menjadikan referensi pada Tugas Akhir terdahulu.

“Ini sebenarnya sudah berjalan dari tahun lalu, kami diperintah langsung oleh rektor untuk melakukan proses ini, dan disuruh belajar ke Fak. Teknik.” Ujarnya lebih lanjut.

Fakultas Teknik merupakan pelopor aplikasi Sistem Informasi yang selalu siap untuk pengembangan IT Kampus dengan dibantu Produksi oleh Upt. Puskom selaku pelaku IT kampus di Universitas Islam Madura yang mulai dikenal dengan sebutan Kampus Menara Ilmu.

Proses upload ini dibutuhkan pembinaan khusus bagi mahasiswi D3 Kebidanan, agar dalam melakukanya tetap berdasarkan prosedur kerja yang ada.

“Tiap tahun saya memberikan pelatihan ini kepada mahasiswi kebidanan. Karena permintaan Prodi”. Ujar Masdukil Makruf selaku kepala Upt. Puskom yang pada waktu itu sedang menjadi tutor.

Menurutnya, Proses upload ini sangat dibutuhkan karena ada beberapa steep perkerjaan yang harus dilakuakn, yaitu memberikan watermark pada soft copy LTA dengan tujuan menghindari tindak plagiarisme Hak Kekayaan Intelektual dan mengauploadnya kedalam sistem Digital Library Online dengan tujuan mempublikasikan karyanya agar dapat dibaca oleh orang banyak.

Reporter : Mahdus
Editor : mohan_bt