Prodi PAI Gelar Pembekalan PPL, Kaprodi: PPL Bentuk Calon Guru yang Profesional

Berita Info Kegiatan Lainnya

PAMEKASAN, uim.ac.id – Sebanyak 39 mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Madura ikuti pembekalan sebelum mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang akan dilaksanakan selama satu bulan ke depan terhitung sejak (15/1/2024) hingga (13/2/2024).

Kegiatan pembekalan tersebut bertempat di Aula Al-Fatah UIM, Rabu (10/1/2024). Dalam pembekalan itu hadir Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Wakil Dekan FAI, Kaprodi PAI, serta seluruh mahasiswa semester 7.

Dijelaskan, dalam pembekalan itu, beberapa sistematika mengajar, Desain Pembelajaran (Relevansi Strategi, Metode, Media dan Materi Pokok); Etika Komunikasi: Pembuatan dan Penyusunan Rencana Pekan Efektif, Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/ RPP/RPPH, modul pembelajaran); dan Teknis pelaksanaan serta penyusunan laporan PPL

Menurut Kaprodi PAI, Syamsul Rijal, M. Pd. I., PPL merupakan program yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Madura yang bertujuan untuk membentuk 4 kompetensi guru sebagaimana yang tertuang dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kualifikasi Guru. Kompetensi yang dimaksud adalah kompetensi pedagogik, personal, sosial, dan profesional. sehingga PPL dilaksanakan untuk membentuk kompetensi mahasiswa menjadi pengajar yang berkualitas. Lewat program ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilannya menjadi guru di masa depan.

“Pembekalan PPL ini wajib diikuti oleh seluruh peserta PPL. Karena, selain mereka dibekali oleh teori-teori, mereka juga harus mempersiapkan mental dan juga bagaimana mereka berkomunikasi. Itu semua kami beri pemahaman di pembekalan ini,” ujarnya.

Tujuan pembekalan pelaksanaan PPL sambung Rijal, yakni memahami latar belakang pentingnya PPL, menyegarkan kembali keterampilan khusus untuk melaksanakan PPL, menciptakan kondisisi apmental dan konsepsional bagi mahasiswa untuk terjun ke lapangan dalam melaksanakan kegiatan dan tugas PPL, serta memperoleh informasi tentang keadaan umum sekolah atau madrasah yang akan dijadikan lokasi PPL.

“Harapan besar kami juga bagaimana nantinya mahasiswa dapat menjaga nama baik UIM seperti menjaga sopan santunnya, beretika dan berakhlakul karimah. Sehingga nantinya akan menumbuh kembangkan minat masyarakat kepada UIM,” pungkasnya. (ila)

Tulis komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.