Jelang PKL, FAPERTA UIM Laksanakan Pembekalan

Berita Info Kegiatan

PAMEKASAN, uim.ac.id -Segenap Dosen Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Islam Madura (UIM) laksanakan pembekalan Praktek Kerja Lapang (PKL), bertempat di Aula Al-Fatah, Jumat (12/01/2024).

Sustiyana SP., M.P, selaku Kordinator Program Studi (Kaprodi) mengemukakan alasan dilaksanakannya pembekalan PKL tersebut guna mengedukasi mahasiswa tentang semua tugas-tugas dan hal-hal yang harus mereka kerjakan.

Kaprodi Agribisnis tersebut berharap, para mahasiswa bisa belajar banyak di lokasi PKL pilihan mereka masing-masing dan mempunyai pengalaman kerja walaupun hanya satu bulan.

” Kedepan, terutama mahasiswa Agribisnis, saya harap mereka bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya, pengetahuan, wawasan mengenai dunia kerja yang ada di lokasi PKL. Mulai pekerjanya, ownernya, kemudian dari costomernya atau dari sisi manajemennya, semuanya,” imbuhnya.

Pembekalan praktek kerja lapang dilakukan secara online dan offline. adapun tujuan dari pembekalan PKL adalah Untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan dosen pembimbing terkait dengan pelaksanaan , Proses pembimbingan, Ujian PKL, serta laporan PKL.

Pembekalan PKL diikuti oleh seluruh Dosen FP (online via zoom) dan mahasiswa FP yg mengampu Mata kuliah PKL pada semester genap 2023/2023 (offline diruang al-fatah).

Pemateri pada acara pembekalan tersebut yakni Moh. Shoimus Sholeh.,MP selaku dekan fakultas Pertanian. Pada saat pembekalan, Shoimus menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya PKL adalah untuk menambah kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa serta sebagai wadah implementasi keilmuan sehingga bisa menambah wawasan dan bekal saat memasuki dunia kerja dan dunia usaha.

“Untuk lokasi PKLnya terdiri dari BBPP Ketindan Malang, Bulog, pelaku usaha bidang pertanian serta UMKM di daerah Pamekasan,” ujar Shoimus.

Saat pembekalan juga ditekankan bahwa mahasiswa harus menyesuaikan diri dengan tempat PKL, yang terpenting adalah menjaga etika karena membawa nama baik almamater kampus, penuh tanggung jawab, bisa bekerja secara team dan kreatif.

Selain itu, mahasiswa juga mempunyai kewajiban dalam membuat laporan PKL sesuai dengan topik yang dipilih dengan tujuan agar mahasiswa bisa memperdalam kelimuannya baik secara teori maupun praktek.(Din/Ila) 

Tulis komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.