Mahasiswa Teknik UIM Ciptakan Puluhan Aplikasi Berbasis Android

BeritaKegiatan

PAMEKASAN, uim.ac.id – Mahasiswa Fakultas Teknik Informatika Universitas Islam Madura (UIM) berhasil menciptakan sejumlah aplikasi berbasis android yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan seharari-hari di masyarakat.

Aplikasi tersebut di antaranya adalah: aplikasi dzikir, doa-doa, Al-Qur’an, serta pembelajaran bagi anak Taman Kanak-kanak (TK) dan sejarah. Rofiuddin selaku dosen pembimbing mengatakan, dibuatnya aplikasi ini untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester (UAS) mahasiswa.

“Jadi saya sebagai dosen pengampu mata kuliah mobile programming mengarahkan kepada mahasiswa agar tidak menerima materi saja, tetapi ada hasil akhir yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya saat diwawancarai oleh reporter via WhatsApp pada Minggu (22/8/2021) kemarin.

Dia juga mengatakan ada lebih dari 30 aplikasi yang sudah masuk ke play store, namun ada beberapa yang ditangguhkan oleh pihak google karena masih dalam proses verifikasi.

“Secara tidak langsung, saat ini aplikasi-aplikasi tersebut sudah disosialisakan melalui kalangan mahasiswa dan dosen,” imbuhnya.

Dia berharap agar kampus khususnya Fakultas Teknik dapat meningkatkan fasilitas bagi mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam pengembangan aplikasi dan juga mahasiswa Fakultas Teknik dapat meningkatkan pengetahuannya dalam bidang programming sehingga dapat menghasilkan karya nyata bagi masyarakat. (ila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *