Latih Membuat Sabun Cuci Secara Alami, Farmasi UIM Bantu Berdayakan Fatayat NU Desa Plakpak

Berita Kegiatan

PAMEKASAN, uim.ac.id – Program Studi Diploma Tiga (D3) Farmasi Fakultas Kesehatan Universitas Islam Madura (UIM) gelar pelatihan pembuatan sabun cuci piring bagi Ibu-ibu Fatayat Nahdlatul Ulama (NU), Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan tersebut bertempat di salah satu kediaman anggota Fatayat NU Desa Plakpak, Kabupaten Pamekasan. Dihadiri oleh Dosen dan tiga mahasiswa D3 Farmasi UIM sebagai pelatih, serta sedikitnya 25 orang Ibu-ibu Fatayat sebagai peserta pelatihan.

Kaprodi D3 Farmasi, Alif Putriana, M. Farm. menjelaskan, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan skill Ibu-ibu Fatayat dalam pembuatan sabun cuci piring untuk digunakan sendiri atau sebagai tambahan sumber penghasilan.

/

“Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan Ibu-ibu Fatayat NU dapat membuat sendiri sabun cuci piring di rumah atau bahkan mungkin bisa dikomersilkan untuk mendapatkan penghasilan Ibu-ibu di desa Plakpak, ” jelasnya.

Puput menambahkan, kedepan Prodi D3 Farmasi akan tetap melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang pembuatan sabun serta melakukan penelitian tentang pembuatan sabun dari bahan alami.

“Pembuatan sabun tersebut selain sebagai upaya Prodi Farmasi UIM untuk terus terlibat dalam pemberdayaan perempuan di desa, produk itu nantinya akan dipatenkan oleh Prodi D3 Farmasi UIM,” tukasnya. (Ila) 

Tulis komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.