Guna Bangkitkan Kreatifitas Mahasiswa, Universitas Islam Madura Gelar Sosialisasi PKM 2024

Berita Info Kegiatan MBKM

PAMEKASAN, uim.ac.id – Universitas Islam Madura (UIM) menggelar sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bagi seluruh mahasiswa UIM, bertempat di Aula Al-Fatah UIM, Senin (5/2/2024).

Kegiatan sosialisasi PKM ini diadakan sebagai upaya memandu mahasiswa UIM menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan penyusunan proposal PKM; kreatif dan inovatif, objektif, kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

PKM ini merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ditjen Kemenristek Dikti) untuk memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia dalam mengkaji, mengembangkan, serta menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Program PKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengajukan proposal kegiatan pada berbagai bidang yakni PKM bidang penelitian (PKM-P), PKM bidang kewirausahaan (PKM-K), PKM bidang pengabdian kepada masyarakat (PKM-M), bidang penerapan teknologi, bidang karsa cipta (PKM-KC), PKM gagasan tertulis (PKM-GT), PKM artikel ilmiah (PKM-AI), dan PKM gagasan futuristic konstruktif (PKM-GFK).

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber yakni: Soimus Sholeh, M.P., selaku Dekan Fakultas Pertanian yang menjelaskan tentang tata cara pembuatan proposal pendanaan, dan Tony Yulianto, M.Si selaku kaprodi Program Studi Matematika yang menjelaskan terkait data yang harus dikumpulkan dalam proses pembuatan proposal pendanaan.

Ketua Koordinasi PKM 2024 Yenni Arista Cipta Ekalaturrahmah, S.Si, M.Si mengatakan, mahasiswa perlu mengikuti PKM ini sebagai upaya memandu mahasiswa menjadi pribadi kreatif, inovatif, objektif kooperatif dalamnya membangun keragaman intelektual.

“Dengan diadakannya sosialisasi PKM ini besar harapan saya untuk meningkatkan jumlah partisipasi mahasiswa serta menjadi sarana positif dalam pengembangan kompetensi mahasiswa di UIM,” pungkasnya. (Ila) 

Tulis komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.