Berlangsung Khidmat, UIM Pamekasan Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad

BeritaKegiatan

PAMEKASAN, uim.ac.id – Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan melalui takmir Mushallah Al-Muttaqien Sabtu pagi menggelar peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW tahun 1442 H, kegiatan tersebut bertempat di Mushallah Al-Muttaqien UIM Pamekasan. (7/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UIM Ahmad, M.Pd beserta seluruh jajaran pimpinan Universitas, para dekan, serta sejumlah dosen dan karyawan di lingkungan UIM Pamekasan. Sementara penceramah yang dihadirkan adalah KH. Abd. Hamid Mannan Munif Mustasyar PCNU Pamekasan.

Rektor UIM dalam sambutannya mengatakan, kegiatan peringatan maulid nabi Muhammad tersebut merupakan agenda rutin yang sudah masuk dalam program kerja UIM, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengenang jasa dan perjuangan Nabi Muhammad sekaiigus sebagai bentuk syukur atas lahirnya Nabi agung tersebut.

“sebagaimana lazimya, bahwa Maulid digelar di mana-mana dengan  maksud dan tujuan agar kita bisa bersyukur atas lahirnya beliau ke muka bumi ini. Saat ini kita menggelar peringatan maulid juga memiliki tujuan dan niat yang sama agar kelak kita meraih syafaat beliau”. Katanya.

Sementara itu KH. Abd. Hamid Mannan Munif dalam ceramahnya menekankan pentingnya meneladani Akhlakul Karimah yang sudah dicontohkan oleh Rasulullah, menurutnya Rasulullah diutus untuk memperbaiki akhlak, maka kunci keberhasilan manusia adalah dengan mengedapankan akhlak yang mulia, sebagaimana Nabi berhasil dalam berdakwah melalui ahlak mulia.

“Mahabbah littakrim, atau mencintai karena menghormati adalah cinta kita kepada Rasulullah, maka wujud kecintaan yang sebenarnya adalah dengan meniru akhlak beliau. Maka inilah yang akan menjadi kunci kesuksesan kita sebagai umatnya”. Terangnya.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad tersebut diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin langsung oleh KH. Muhdlar Qarib, beliau merupakan majelis keluarga Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. (ham/die)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *